Apakah Commisioning Perlu Dilakukan? Simak Di sini!

Genset atau Generator Set dikenal sebagai perangkat yang bisa menghasilkan arus listrik dengan kapasitas tertentu pasti memerlukan commisioning genset secara berkala. Alasannya adalah keberadaan genset ini sudah menjadi kebutuhan wajib apalagi di beberapa industri atau perkantoran.

Karena kapasitas daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan semua sistem kelistrikan dalam industri atau perkantoran sudah pasti jumlahnya sangat besar. Setiap hari pasti membutuhkan distribusi daya listrik yang stabil. Oleh karena itu, untuk memastikan apakah genset yang dipakai masih berfungsi dengan baik atau tidak, maka perlu dilakukan testing atau disebut juga commissioning. Sehingga proses distribusi daya listrik bisa tetap stabil dan tidak mengganggu aktivitas kerja.

Apakah yang Dimaksud Dengan Commissioning?

Commissioning genset adalah suatu proses yang dilakukan untuk memastikan dan menguji sistem operasional genset bisa menghasilkan energi listrik secara optimal sesuai dengan kebutuhan. Tes ini bertujuan untuk mencegah terputusnya aliran listrik di kawasan industri atau perkantoran secara mendadak.

Apabila tes ini tidak dilakukan, maka tidak akan pernah tahu apakah genset masih layak berfungsi atau tidak. Pengujian ini juga harus dilakukan secara berkala dan harus dilakukan oleh tenaga ahli. Karena dalam tes ini terdapat tahapan dan prosedur tertentu yang hanya diketahui oleh tenaga ahli kelistrikan.

Waktu pelaksanaan prosedur commissioning juga dilakukan ketika aktivitas bekerja di dalam kawasan industri atau perkantoran sudah selesai. Setelah dipastikan aman, maka proses start-up genset untuk prosedur commissioning akan dilakukan.

Layanan jasa commissioning genset untuk pengecekan secara berkala dari Sewatama bisa menjadi pilihan. Kami menawarkan jasa sewa loadbank yang bisa disewa untuk menguji coba baterai, genset, load rejection, load optimization, UPS, turbin dan ground power sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. Jenis loadbank yang kami tawarkan juga beragam baik dalam bentuk resistive, inductive, capacitive atau electronic. Selain itu, kami juga memberikan pelayanan konsultasi untuk perencanaan, pemasangan atau pemeriksaan perangkat seputar kelistrikan dengan tenaga ahli yang berpengalaman untuk mengawasi dari awal hingga akhir prosesnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *