Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan dan Menjelang Persalinan

Keberadaan kalsium selama kehamilan itu sangatlah penting. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan biasanya berfungsi untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang ibu sendiri dan juga perkembangan tulang bayi. Janin akan menyerap semua kalsium yang dimiliki ibu, khususnya ketika memasuki kehamilan trimester ketiga.

Rata-rata, kalsium yang dibutuhkan janin yaitu 30 gr di akhir masa kehamilan. Untuk janin, kalsium tersebut dibutuhkan untuk

  1. Pembentukan tulang
  2. Membangun dan juga menjaga pertumbuhan sehat gigi
  3. Untuk perkembangan sistem saraf
  4. Membentuk otot tubuh
  5. Membentuk dinding jantung supaya kuat.

Sedangkan untuk Ibu hamil, kalsium ini dibutuhkan untuk

  1. Untuk persiapan produksi ASI
  2. Menghasilkan lebih sedikit lemak tubuh dan juga mengurangi risiko obesitas
  3. Untuk membantu kinerja sehat sistem saraf.
  4. Mempertahankan detak jantung normal.
  5. Untuk membantu pembekuan darah normal.

Jadi, janganlah abaikan asupan kalsium setiap hari. Beberapa dari dokter kandungan bahkan menganjurkan asupan suplemen kalsium pada beberapa bumil untuk menjaga asupannya cukup.

Persiapan Persalinan

Persiapan kehamilan dan persalinan itu memang 2 hal penting yang juga harus diperhatikan oleh seorang calon ibu. Memasuki akhir masa trimester 3 ternyata memang semakin banyak persiapan persalinan yang perlu Anda lakukan. Persiapan yang matang akan membuat Anda lebih tenang ketika saat mendekati hari kelahiran anak Anda.

  • Memilih Dokter yang Menangani dan Lokasinya

Mendekati persalinan Anda harus sudah mengetahui siapa dokter yang akan menangani Anda serta lokasi tempat Anda melahirkan. Bagaimana transportasi menuju ke sana. Ketahui apa saja fasilitas di tempat Anda akan melahirkan nanti.

  • Siapkan Barang-Barang yang Penting

Sebaiknya Anda mulai membuat catatan dan mulai mencicil barang apa saja yang harus Anda bawa. Persiapkanlah barang-barang bawaan baik itu untuk ibu hamil, untuk orang yang menemani Anda bersalin, dan juga untuk bayi Anda setelah lahir nanti.

  • Ketahui Apa yang Harus Dilakukan Ketika Nyeri Persalinan Muncul

Anda harus mengetahui bagaimana tanda-tanda awal kontraksi itu terjadi. Seperti apa sakitnya dan kapan Anda harus pergi ke rumah sakit, atau kapan harus menghubungi pihak rumah sakit.

Inilah beberapa yang harus diperhatikan untuk persiapan kehamilan dan menjelang persalinan. Melakukan persiapan itu lebih bagus Anda lakukan supaya semua terencana dengan baik.