berkah Posted on 12:53 pm

CARA MEMBUAT GUDEG NANGKA AGAR COKLAT PEKAT DAN LEGIT

CARA MEMBUAT GUDEG NANGKA AGAR COKLAT PEKAT DAN LEGIT

Gudeg merupakan salah satu makanan tradisional khas yogyakarta yang sudah populer. Masakan gudeg ini biasanya  terbuat dari bahan baku nangka muda. Makanan ini memiliki rasa yang manis gurih nan legit dan biasanya berwarna coklat kemerahan. Bahkan gudeg memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan pastinya menggoda selera. Makanan ini biasanya mudah dijumpai di warung – warung makan, dan lebih populer di pedagang kaki lima. 

Selain memiliki rasa yang enak, gudeg ini juga termasuk makanan yang mudah untuk dibuat. Pasalnya makanan ini juga tidak membutuhkan bahan-bahan yang cukup rumit. Hanya membutuhkan bahan pokok nangka muda dan bumbu-bumbu tambahan lainnya seperti daging. Namun tak jarang seseorang kesusahan dalam memasak gudeg supaya berwarna coklat pekat dan legit. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan dalam memasak gudeg supaya coklat pekat dan legit. Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan yaitu :

  • Pilihlah nangka yang berdaging tebal

Sebelum memasak hal pertama yang akan kamu lakukan pastinya menyiapkan bahan terlebih dahulu. Nah sebaiknya kamu menggunakan nangka muda yang memiliki daging buah tebal dan berbiji kecil. Untuk memastikannya, maka belilah nangka muda yang sudah dalam keadaan dipotong. Selain itu dengan cara ini juga memudahkan kamu untuk memastikan kualitas nangka tersebut apakah baik atau tidak.]

  • Hilangkan getah nangka muda terlebih dahulu

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu dengan menghilangkan getah pada nangka muda tersebut. Untuk menghilangkannya kamu bisa dengan cara merebusnya sebentar nangka muda yang sudah dibersihkan. Dengan cara ini akan memudahkan kamu dalam menghilangkan getah tersebut. Yang nantinya baru nangka muda tersebut bisa diolah menjadi gudeg. 

  • Masak dengan api kecil

Kemudian langkah yang bisa kamu lakukan yaitu masak gudeg dengan menggunakan api kecil saja. Hal ini bertujuan agar bumbu yang digunakan bisa meresap sempurna pada daging nangka muda yang digunakan. Sebab untuk mendapatkan rasa gudeg yang enak dan nikmat membutuhkan proses yang cukup lama. Selain itu cara ini juga dilakukan supaya nangka bisa empuk dan juga menghasilkan warna yang cantik.

  • Gunakan air kelapa dan gula merah 

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil masakan gudeg yang memiliki warna lebih cantik. Kamu juga bisa dengan menggunakan air kelapa saat memasak gudeg. Dengan penggunaan air kelapa ini menjadi kunci penting untuk menghasilkan masakan gudeg yang enak. Selain itu  dengan air kelapa ini juga bisa membuat rasa gudeg menjadi lebih legit. 

Sedangkan untuk menghasilkan masakan gudeg dengan warna yang lebih coklat. Maka kamu bisa menggunakan gula merah atau gula jawa saat memasak gudeg. Pilihlah menggunakan gula merah atau gula jawa yang berwarna coklat tua.

Selain  menggunakan gula merah ataupun gula jawa, untuk membuat warna gudeg menjadi coklat. Maka kamu juga bisa memasak gudeg dengan menggunakan pucuk daun jati yang masih muda dan juga menggunakan teh celup.

Nah demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasak gudeg memiliki rasa yang enak dan warna yang cantik. Selain mudah untuk dimasak sendiri di rumah, pastinya juga akan lebih menghemat biaya. Namun saat ini gudeg sudah menjadi masakan yang mengalami perkembangan. Yang dulunya hanya menggunakan bahan dasar nangka muda, sekarang ini sudah banyak bahan lainnya yang bisa diolah menjadi gudeg. Mulai dari manggar, rebung, ceker ayam dan masih banyak bahan lainnya yang mudah kita jumpai.