berkah Posted on 9:06 am

Inilah Berbagai Jenis Kain Kanvas Yang Bisa Anda Ketahui

Saat anda mendengar kata kanvas, apa yang pertama kali anda pikirkan. Apakah anda memikirkan kanvas tersebut adalah kain yang biasa digunakan sebagai media lukis. Kain kanvas memang pada awalnya digunakan sebagai bahan dasar untuk melukis. Akan tetapi pada perkembangannya, jenis kain ini digunakan sebagai bahan dasar pakaian dan aksesoris. Seperti halnya untuk memproduksi jaket, tas sampai dengan karya seni. Pada mulanya, kain kanvas ini terbuat dari jerami. Sehingga memiliki ketahanan yang sangat baik. Saat ini jenis bahan kanvas ini sudah berganti menjadi kapas atau linen. Ada juga kain kanvas yang terbuat dari bahan sintetis seperti polyester. Namun tentu saja dengan kualitas dan ketahanan yang terjaga. Jika anda ingin memproduksi pakaian menggunakan bahan kanvas. Apakah anda sudah tahu bahwa jenis dari kain kanvas ini ada banyak? Tentunya anda bisa tahu jenis dari kain kanvas itu apa saja di artikel kami.

Inilah Berbagai Jenis Kain Kanvas Yang Bisa Anda Ketahui

4 Jenis Kain Kanvas Yang Perlu Anda Ketahui

Pada umumnya kain kanvas ini memiliki karakteristik serat yang tebal, kuat dan pastinya memiliki serat kain yang terlihat jelas. Ciri tersebut tentu saja bisa menjadi karakter dan juga style bagi berbagai busana maupun aksesoris yang terbuat dari bahan kanvas. Mengingat mengaplikasian dari bahan kain yang satu ini luas. Mulai dari jaket, tas, sepatu sampai dengan aksesoris. Tentu saja kain kanvas memiliki beragam jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah berbagai jenis kain kanvas yang bisa anda ketahui, seperti:

  • Kanvas blacu

Kanvas blacu merupakan salah satu jenis bahan kanvas yang umumnya memiliki harga relatif terjangkau. Selain itu, jenis bahan ini juga paling mudah didapatkan di toko-toko kain. Bahan yang satu ini sering digunakan untuk membuat berbagai jenis tas. Seperti halnya totebag, tas serut sampai dengan tas souvenir. Biasanya bahan kain ini digunakan untuk barang dengan desain cukup simple. Namun kelemahan dari bahan ini adalah kekuatannya yang kurang prima. Sehingga tidak direkomendasikan untuk tas yang membawa barang terlalu berat.

  • Kanvas PE

Sesuai dengan namanya, jenis kain ini adalah kain kanvas yang bahan dasarnya polyester dicampur dengan katun. Meskipun kuat, kain ini cenderung terasa panas ketika dikenakan. Akan tetapi, anda juga tidak perlu khawatir. Sebab bahan ini lebih banyak digunakan untuk memproduksi tas bukan pakaian. Bahan ini cocok digunakan untuk membuat tas dalam kuantitas banyak maupun produksi massal. Karena akan menghemat biaya karena biasanya lebih murah dibandingkan jenis kain lainnya.

  • Kanvas ripstop

Bahan kanvas satu ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan blacu. Selain cenderung ringan karena tidak begitu tebal. Bahan ini memiliki serat yang berbentuk kotak-kotak. Yang mana membuat bahan ini mudah dibedakan dari jenis kain lainnya. Bahan ini bisa digunakan untuk memproduksi pakaian maupun aksesoris dengan harga cukup tinggi.

  • Baby canvas

Bahan ini termasuk jenis kanvas yang paling lembut dan lentur. Sehingga nyaman digunakan untuk memproduksi apapun. Jika bahan ini digunakan untuk membuat tas atau pakaian. Maka hasilnya akan terlihat lebih mewah. Meskipun bahan ini lembut dan lembut, tetapi cukup kuat serta tahan lama.

Jadi itulah beberapa jenis kain kanvas yang perlu anda ketahui. Jenis kain mana yang akan anda gunakan? Tentunya anda harus memilih sesuai dengan jenis pakaian yang akan diproduksi. Jangan sampai salah memilih dan mengakibatkan hasil akhirnya tidak memuaskan.