berkah Posted on 1:47 pm

INILAH MACAM-MACAM KUE BASAH YANG SANGAT ENAK DAN POPULER DI MASYARAKAT

Kue menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Biasanya kue memiliki cita rasa manis ataupun asin. Ada banyak sekali macam kue, seperti kue kering, kue basah, kue tart, dan masing banyak lagi. Salah satu kue yang akan di bahas disini adalah kue basah. Kue basah banyak di sukai oleh orang karena memiliki rasa yang khas, sehingga memberikan kesan tersendiri kepada penikmatnya. Kue basah juga banyak kita jumpai saaat di bulan Ramadan, bisa digunakan sebagai takjil atau sajian-sajian acara lainnya. Kue basah juga dapat kita jumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional seperti di Yogyakarta. Bentuk dari kue basah ini pun beragam, ada yang tetap dengan bentuknya dari dulu sehingga berkesan jadul. Hingga yang dibuat dengan bentuk yang mengikuti zaman atau kekinian.

 Inilah Jenis-Jenis Kue Basah Yang Banyak Disukai Orang

Kue basah memiliki jenis yang sangat beragam. Sepeti kue lapis, onde-onde, putu, dadar gulung, dan lain-lain. Banyaknya kue basah yang dijual di pasaran, memiliki citarasa yang berbeda-beda karena dibuat oleh orang yang berbeda pula. Apabila kita merasa kurang puas dengan kue basah yang di jual di pasaran, kita pun dapat belajar membuatnya sendiri di rumah. Kita dapat melihat resep yang ada dimedia sosial, seperti mencari informasi di google atau tutorial youtube. Dengan memperhatikan panduannya, kita akan dengan mudah untuk belajar membuat kue basah. Nah, oleh karena itu berikut ini beberapa jenis kue basah yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang, diantaranya :

  1. Kue Putu

Kue putu merupakan salah satu jenis kue basah yang sangat populer. Kue ini biasanya berwarna hijau atau putih yang dibalut dengan parutan kelapa. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis, karena didalamnya diberi isian gulan jawa. Bahan pokok untuk membuat kue ini adalah tepung beras, kelapa, air kelapa, gula merah, garam, dan pandan.

  1. Kue Pukis

Hampir di semua daerah mengenal dan banyak orang yang menyukai jenis kue basah yang satu ini. kue Pukis merupakan salah satu jenis kue basah khas Indonesia. Rasanya yang manis dan legit menjadi citarasa yang sangat pas untuk penduduk Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, santan, telur, dan ragi.

  1. Kue Nagasari

Kue basah Nagasari biasanya dikemas menggunakan daun-daun seperti daun pisang. Sehingga memberikan kesan yang sangat tradisional. Seperti bahan kue-kue yang lainnya, kue nagasari ini terbuat dari tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, dan garam. Kue nagasari ini memiliki ciri khas yang didalam nya diberi isi seperti irisan buah pisang.

  1. Onde-Onde

Nah, kue basah yang satu ini memiliki kriteria yang berbeda dengan kue lainnya. Onde-onde dibentuk bulat-bulat dan dibalur biji wijen diatasnya. Biasanya onde-onde diberi isian seperti bubuk kacang hijau, keju, ubi, dan lain-lain.

  1. Kue Lapis Beras

Kue lapis beras ini dapat diberi lapisan yang berwarna-warni. Sehingga akan lebih cantik dan menarik pembeli. Kue lapis beras terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan. Kue lapis beras memiliki tekstur yang lembut dan manis.

Pada dasarnya setiap kue memiliki bahan yang terbilang cukup sedikit dan simpel dalam membuatnya. Asalkan kita mau untuk mencoba dan belajar membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *