digital-marketing-agency
berkah Posted on 1:26 pm

Jenis-Jenis Website yang Harus Diketahui

Website menjadi salah satu media yang cukup banyak dimanfaatkan untuk media promosi. Baik untuk mempromosikan perusahaan itu sendiri sampai mempromosikan produk. Pembuatan website yang sesuai kebutuhan memang tidak bisa dilakukan sendiri. Jika memiliki developer di dalam perusahaan, tentu akan sangat membantu. Namun jika tidak ada orang yang ahli dalam membuat website. Tentunya kita akan membuat digital marketing agency. Dimana orang-orang yang bekerja di dalamnya tentu sudah banyak pengalaman dalam membuat website.

Namun sebelum Anda membuat website, ada baiknya jika mengetahui jenis-jenis website apa saja yang ada di internet. Berikut ini terdapat beberapa jenis website yang perlu diketahui sebelum dipilih untuk keperluan promosi.

  1. Blog & Website Pribadi

Yang pertama ada blog pribadi, dimana biasanya dipakai untuk mengunggah artikel. Selain itu juga bisa digunakan untuk upload gambar, video, dan lainnya. Sesuai namanya, blog pribadi memang situs website yang tujuannya hanya untuk personal. Jadi untuk Anda yang suka menulis, maka blog pribadi menjadi pilihan tepat sebagai wadah menyalurkan hobi. Selain itu, blog pribadi ini juga bisa menghasilkan uang tambahan.

  1. Toko Online

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya toko online bukan? Bahkan bisa jadi Anda sering berbelanja di sini. Toko online sendiri adalah model website yang digunakan sebagai toko virtual di internet. Perlu diketahui bahwa toko online ini berbeda dengan market place. Marketplace sendiri menyajikan berbagai seller dari berbagai daerah dan menjual banyak produk. Sedangkan toko online hanya fokus pada satu seller dan bisa banyak produk yang dijual. Dimana website toko online ini hanya miliki Anda sendiri tentunya.

  1. Website Perusahaan

Kemudian ada website perusahaan yang tujuannya untuk kebutuhan bisnis. Website ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis kepada khalayak luas. Biasanya website ini menyediakan informasi berupa kotak, sejarah perusahaan, katalog produk, dan masih banyak lainnya.

  1. News Portal

Sesuai dengan namanya, situs portal berita ini tujuannya sebagai media penyalur informasi terkini. News portal berita ini tentunya harus diisi rutin dengan memposting berita up to date. Bahkan dalam hitungan menit atau jam sekalipun. Di zaman yang serba digital, portal berita secara signifikan meningkat dan bisa menggeser media berita lain. Misalnya menggeser keberadaan koran cetak. Salah satu portal berita online yang berkembang adalah kompas. Dimana portal berita ini menyediakan berbagai macam berita hangat. Mulai dari politik, olahraga, ekonomi, sampai hiburan.

  1. Forum Online

Pasti pernah melihat atau setidaknya satu kali berkunjung ke Kaskus bukan? Kaskus sendiri merupakan salah satu contoh forum online terbesar dan banyak digunakan sampai sekarang ini. Forum online sendiri merupakan tempat diskusi untuk membahas mengenai topik-topik tertentu dengan pengguna lain. Di Indonesia sendiri, sudah banyak forum online yang beredar di internet. Mulai dari forum yang membahas otomotif sampai media penyampaian aspirasi. Pengguna forum bisa menuliskan thread dan menunggu respon dari pengguna forum lainnya.

  1. Instansi Pemerintah atau Organisasi

Selain itu website juga bisa dimanfaatkan sebagai laman resmi pemerintah atau organisasi. Ini dimaksudkan supaya masyarakat bisa akses informasi terbaru mengenai kegiatan organisasi dengan mudah. Umumnya website organisasi menggunakan domain .org atau .or.id. Sedangkan untuk website instansi pemerintah umumnya menggunakan .go.id.

Nah itulah beberapa jenis-jenis website yang beredar di internet. Anda yang ingin membuat website, ada baiknya menyesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu. Jadi nantinya tidak akan merasa kesulitan jika ingin membuat website.