berkah Posted on 11:19 am

MACAM-MACAM GERAKAN SENAM BESERTA MANFAATNYA

Senam lantai merupakan jenis senam yang terbilang lebih mudah dibanding senam senam lainnya. senam lantai umumnya dilakukan diatas lantai menggunakan alas dengan gerakan yang tidak terlalu cepat melainkan hanya menggunakan kekuatan otot dan kelenturan tubuh, hampir sama dengan yoga tetapi senam lantai juga sering tercampur oleh gerakan gerakan yang hiperaktif atau cepat layaknya senam pada umumnya. Jenis jenis senam lantai pun beragam yaitu artistic wanita yang berupa senam yang dilakukan oleh wanita, lalu ada juga senam artistic pria seperti namanya senam ini dilakukan oleh pria dengan gerakan yang lebih keras dengan memanfaatkan kekuatan otot yang lebih kuat. Yang ketiga adalah ritmik yaitu gerakan senam yang memanfaatkan benda benda seperti bola, tali dan benda lainya umumnya dilakukan oleh para wanita, akrobatik, senam yang satu ini dilakukan secara berpasangan dengan saling memanfaatkan kekompakkan dan kerja sama yang baik. Dan yang terakhir yaitu aerobic gerakan yang satu ini merupakan senam yang berupa kumpulan dari senam senam sebelumnya, biasa dibilang dengan senam Bersama yang dapat dilakukan oleh beberapa orang, individu, atau berpasangan. 

Dibawah ini macam- macam gerakan senam beserta manfaatnya:

  • Sikap lilin

Gerakan yang satu ini membutuhkan kekuatan otot lengan dan badan yang mampu menahan kaki berdiri tegak layaknya lilin, caranya hanya dengan memposisikan tubuh terlentang lalu mengangkat kedua kaki keatas tubuh secara perlahan setelah itu menahannya beberapa saat. Manfaatnya untuk mengencangkan otot otot perut serta melatih kelenturan otot pinggang dan punggung.

  • Kayang

Gerakan ini dilakukan dengan cara kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik, setelah itu perut dan pinggul diangkat lalu direntangkan ke atas. Tetapi untuk melakukan senam ini anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera otot.

  • Push up

Gerakan yang satu ini sudah sangat umum kita lihat, dimana gerakan ini membutuhkan kekuatan lengan tangan dan otot perut serta pinggang. Yang bertujuan untuk menguatkan otot otot pada lengan dan dada depan. Cara melakukannya hanya dengan tengkurap lalu kedua tangan berada di samping badan lalu mengangkat tubuh secara perlahan dan lakukan secara terus menerus. 

  • Meroda

Senam yang satu ini dilakukan dengan cara memutarkan badan ke samping layaknya roda, cara awalnya hanya dengan berdiri tegak lalu kedua tangan di udara setelah itu doyongkan badan ke samping hingga tangan menyentuh lantai setelah itu lanjutkan hingga tubuh bisa berputar, gerakan ini dapat berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh, dan kelenturan tubuh. 

  • Berguling kedepan

Gerakan ini seperti halnya dengan gerakan meroda yang dilakukan dengan cara memutarkan badan layaknya seperti roda tetapi berguling berbeda karena berguling dilakukan di atas matras dengan cara  berdiri tegak lalu menggulingkan badan ke depan hingga tubuh menyentuh matras, bagi pemula anda bisa melakukannya dengan membungkuk lalu menundukkan kepala setelah itu menjatuhkan leher bagian belakang dan kedepan dan berguling hingga tubuh mengenai matras dan berdiri seperti semula. 

Itulah beberapa gerakan senam lantai beserta manfaat yang ada di dalamnya, kalian bisa mencobanya di rumah dengan dan lakukan secara hati hati. Usahakan sebelum melakukan senam lantai anda harus sudah melakukan pemanasan untuk mengurangi cidera. Untuk lebih optimal anda bisa menyeimbangi senam dengan makan makanan yang sehat dan minum vitamin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *