berkah Posted on 9:35 am

TIPS MENGATASI MATA LELAH DAN PENCEGAHANNYA

TIPS MENGATASI MATA LELAH DAN PENCEGAHANNYA

Mata merupakan organ tubuh manusia yang dapat berfungsi untuk melihat. Tak hanya badan yang sering merasakan lelah, namun mata ini juga dapat merasakan lelah. Mata lelah ini memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih jika saat dalam kondisi bekerja, belajar, atau sedang menyetir kendaraan. Mata yang lelah ini dapat diatasi dengan istirahat yang cukup. Mata yang lelah ini memang disebabkan karena mata kekurangan waktu istirahat. Kondisi mata yang lelah ini dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti, menyetir kendaraan dengan jarak jauh, menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama, kelamaan membaca, terpapar cahaya yang terlalu terang. Namun, kelelahan mata ini juga membutuhkan perawatan medis.

Bentuk Pencegahan Mata Lelah

Mata lelah atau astenopia ini memang banyak dan sudah umum terjadi. Apalagi jika anda termasuk orang yang bekerja di depan layar komputer hal ini akan mudah muncul gejalanya. Mata lelah ini dapat terjadi pada semua umur dan dapat diatasi dengan mengurangi faktor-faktor resiko. Mata lelah ini dapat di timbul gejala seperti, mata perih atau gatal, mata berair atau kering, penglihatan kabur, sakit kepala, nyeri pada leher, bahu punggung, sulit konsentrasi. Sehingga hal ini akan tambah berasa jika anda kurang tidur. Karena tidur yang cukup ini sangat penting untuk mata sehingga mata dapat beristirahat dan dapat memperbaiki jaringan pada mata. Untuk itu, simak beberapa penjelasan cara pencegahan mata agar tidak mudah lelah;

  • Atur pencahayaan layar komputer

Saat anda bekerja dengan komputer maka pastikan selalu jaga jarak aman layar dan mata. Sekitar jarak 30 senti agar mata dan layar komputer ideal. Sehingga anda juga memerlukan kursi yang dapat diatur posisinya.

  • Atur pencahayaan ruangan

Dalam ruangan komputer atur lah cahaya ruangan agar tidak telalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata. Dan selalu usahakan menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaan nya tetap ideal.

  • Istirahat selama 20 detik

Saat anda beraktivitas dengan komputer atau membaca maka disarankan untuk sekali kali beristirahat dari aktivitas komputer tersebut. Dengan mengistirahatkan mata selama 20 detik ini maka akan mencegah mata mudah lelah.

Cara Mengatasi Mata Lelah

Jika mata anda mulai lelah maka atasi dengan mencoba hal berikut;

  • Ketika anda terlalu lama membaca, maka kediplah sering-sering. Atau anda dapat menutup mata dan pijat pada bagian pelipis selama beberapa menit agar mata lelah berkurang.
  • Jika layar komputer membuat mata anda lelah, maka tingkatkan resolusi layar dan kurangi cahaya pada ruangan. Kemudian atur jarak, dan kontras pada komputer. Anda juga dapat mengalihkan pandangan dari layar komputer beberapa saat.
  • Anda dapat berdiri dan meregangkan tangan, kaki, bahu, dan punggung yang dapat membantu mengurangi kelelahan tubuh.
  • Jika mata terasa kering maka gunakan lah obat tetes mata atau mengedipkan mata. Dan anda juga dapat mengompres mata dengan air hangat.
  • Anda dapat mengatasi mata lelah dengan menggunakan kacamata ketika anda sedang menatap layar komputer atau sedang membaca.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi dan pencegahan dari mata lelah. Tak hanya badan saja yang dapat merasakan lelah namun juga mata. Jika mata mengalami kelelahan ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, sehingga menjaga mata untuk tidak merasakan kelelahan ini dapat membuat tubuh juga lebih bugar dan sehat. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *