berkah Posted on 11:18 am

TIPS MENGHILANGKAN KETOMBE PADA RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami - Berkeluarga

Rambut berketombe memang banyak dialami oleh sebagian orang. Rambut berketombe ini memang mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Masalah rambut ketombe ini memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa gatal yang berlebihan ini juga akan mengakibatkan luka pada kulit kepala. Ketombe ini muncul karena adanya pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala. Hal ini akan terlihat ketombe ini serpihan-serpihan putih yang menempel pada rambut. Adapun faktor yang dapat meningkatkan resiko munculnya ketombe ini adalah jarang keramas, kebersihan kulit kepala dan rambut kurang dijaga, kulit kepala kering, menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok, dan infeksi karena jamur.

Bahan Alami Yang Ampuh Menghilangkan Ketombe

Selain membuat kurang pede saat keluar rumah, ketombe juga menyebabkan rasa gatal bukan main. Rasa gatal ini sangat mengganggu sehingga tangan ini akan terus menggaruk hingga menyebabkan kulit kepala menjadi luka bahkan sampai keluar darah. Hal ini karena kerasnya garukan tangan yang menggaruk kulit kepala tersebut. Sehingga akan mengakibatkan terjadinya infeksi. Oleh karena itu, maka hal yang harus dilakukan adalah mengatasinya agar tidak melukai kulit kepala. Anda bisa mencuci rambut secara rutin karena dengan mencuci rambut maka sudah pasti terjaga kesehatan rambut anda. Terlebih jika anda memiliki rambut berminyak hal ini tentunya harus sering mencuci rambut. Kemudian gunakan shampo anti ketombe hal ini dapat membantu anda untuk mengatasi masalah rambut ketombe anda. Kemudian gunakan tea tree oil, tea tree oil ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mampu mengurangi rasa gatal. Yang terakhir anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke rambut anda. Caranya cukup mudah cukup di oles ke rambut kemudian diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Selain itu anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini;

  • Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah dikenal ampuh mengatasi masalah rambut, salah satunya mengatasi ketombe pada rambut. Sari lidah buaya ini memang dapat mendinginkan kulit kepala, membunuh jamur, dan dapat membantu mengangkat sel mati. Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama, pisahkan daging dengan gel nya dari kulit lidah buaya kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala. Tunggu hingga 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  • Bawang putih

Zat antibakteri terkandung dalam bawang putih dapat membantu membunuh jamur dan kuman yang bersarang di kulit maupun rambut kepala. Cara menggunakan bawang putih ini mudah. Haluskan dua siung bawang putih kemudian campurkan jahe dan madu kemudian oleskan ke kulit kepala. Pijat-pijat kemudian gosok setelah itu baru bilas menggunakan air hangat.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis ini juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Cara mengolah nya sangat mudah. Pertama, peras jeruk nipis campur dengan air hangat. Balurkan ke kulit dan rambut kepala. Diamkan hingga 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

  • Garam

Garam sudah pasti ada di rumah, garam ini merupakan bumbu dapur. Sehingga garam ini sangat mudah ditemukan daripada bahan diatas. Garam ini identik scrub yang dapat anda gosokkan ke kulit dan rambut kepala. Tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air.

Nah, itulah tips mengatasi rambut ketombe dengan bahan alami yang dapat anda temukan di sekitar anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *