berkah Posted on 12:50 pm

TIPS MENGOLAH REBUNG SUPAYA TIDAK BAU DAN JUGA PAHIT

TIPS MENGOLAH REBUNG SUPAYA TIDAK BAU DAN JUGA PAHIT

Rebung merupakan tunas bambu yang menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Selain harganya murah, rebung juga mudah untuk ditemui di berbagai daerah terutama yang banyak tanaman bambunya. Rebung biasanya diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti timus rebung, sup, lodeh dan masakan lainnya. Namun tak semua jenis rebung bisa untuk dimakan, sebab ada rebung yang keras dan gatal saat dikonsumsi. 

Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata rebung juga termasuk sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam rebung tersebut. Selain itu rebung juga mengandung vitamin A, B, C serta berbagai jenis mineral dan zat besi. Bahkan rebung juga kaya akan antioksidan yang baik seperti polifenol dan juga flavonoid. Sehingga rebung termasuk dalam salah satu jenis sayuran yang bernilai gizi tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan yaitu mampu menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan. 

Namun dalam pengolahan rebung ini membutuhkan proses dan tata cara yang tepat. Sebab rebung terkadang memiliki bau yang tak sedap bahkan dengan rasa yang pahit jika tidak tepat dalam mengolahnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengolah rebung agar tidak bau dan rasanya nikmat. Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan diantaranya yaitu:

  • Pilih rebung yang berkualitas

Sebelum kamu memasak rebung tersebut, pastikan rebung yang kamu gunakan memang masih segar. Rebung yang masih segar memiliki tekstur yang lebih renyah dengan warnanya yang masih segar. 

  • Rebus rebung sampai empuk dan buang airnya

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu merebus rebung tersebut dan buang airnya. Cara ini sebaiknya langsung kamu lakukan setelah habis membeli rebung tersebut. Caranya potong rebung sesuai keinginan dan rebus sampai rebung empuk. Setelah itu buang airnya dan cuci rebung sampai bersih setelah itu baru rebung bisa diolah menjadi berbagai makanan. 

  • Rendam dengan larutan air kapur sirih

Untuk membuat rebung tidak bau dan menimbulkan rasa yang pahit saat dimakan, kamu bisa dengan merendam rebung pada larutan air kapur sirih. Dengan cara ini tekstur dari rebung tersebut akan bisa lebih terjaga dan tidak pahit. Caranya cukup rendam rebung yang sudah diiris ke dalam air kapur sirih tersebut. Rendam sampai beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air. 

  • Rendam dengan air garam

Selain merendam rebung yang sudah diiris dengan menggunakan air kapur sirih. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, kamu juga bisa merendamnya dengan air garam. Selain untuk menghilangkan pahit pada rebung, garam juga dipercaya bisa menghilangkan pahit pada pare. Untuk menggunakannya sama seperti menggunakan air kapur sirih. Cukup rendam irisan rebung dengan air garam selama beberapa menit. Kemudian bilas sampai bersih dan rebung baru bisa kamu masak menjadi berbagai makanan. 

  • Rebus dengan air kelapa

Rebung yang sudah disimpan dalam waktu yang lama akan memiliki bau yang lebih pekat. Jika direbus dengan menggunakan air biasa maka bau tersebut tidak akan bisa hilang maupun berkurang. Sehingga salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu merebusnya menggunakan air kelapa. Dengan cara ini akan membuat bau hilang namun cita rasanya akan sedikit berubah tapi tetap enak. Caranya cukup dengan gunakan air kelapa secukupnya untuk merebus rebung rebung yang sudah diiris tersebut.